Tuesday, May 24, 2011

MENYUSUN SENDIRI MENU BELAJAR HARIAN

Belajar adalah sebuah kesadaran, muncul dari sebuah hasrat yang kuat  dan didasari rasa ingin tahu yang besar (intellectual curiosity).

Kegiatan yang paling disukai elan saat homeschooling adalah menyusun jadwal pelajaran. Elan memisahkan pelajaran menjadi dua yaitu pelajaran wajib dan pelajaran pilihan. Dia belajar memilah sendiri, mana yang bisa komitmen setiap hari dilakukan, berarti masuk menu wajib dan mana yang bisa dilakukan secara berkala dikelompokkan ke dalam menu pilihan.

Awalnya dia memasukkan ”math, english, science,swimming dan reading Qur’an” sebagai mata pelajaran wajib. Kemudian saya tanya
”Kamu sanggup komitmen setiap hari dengan 5 mata pelajaran tersebut?”
Dia mulai berpikir dan akhirnya mengambil keputusan
         
  ”Sepertinya aku tidak bisa berenang setiap hari, aku buat 4 aja mata pelajaran wajibnya”, kata Elan
Maka dia putuskan “math,english ,science dan reading Qur’an” sebagai menu wajib sedangkan social science, art, riding horse, swimming, entrepreneurship,memanah, field trip, treasury hunting, recycling dan belajar gitar akustik sebagai menu pilihan.

Elan setiap hari selesai jamaah sholat maghrib dan mengkaji ayat-ayat Allah lewat Qur’an terjemahan selalu mengambil agendanya dan menyusun jadwal untuk esok hari. Dia tentukan mulai belajar dari jam 8 pagi dan berakhir jam 7 malam (wuiiih lama amat ya, itulah komentar anak-anak lain ketika pertama kali mendengar susunan jadwal belajar Elan) tetapi Elan menyusun dan menjalaninya dengan sangat enjoy, bahkan terkadang saya yang harus menghentikannya. Setiap hari dia memilih 4 menu pelajaran wajib dan 3 menu pelajaran pilihan.

GURU-GURU ELAN
Di dalam homeschooling kita sebagai orangtua bukan satu-satunya orang dewasa yang serba bisa, sehingga habis waktu kita hanya untuk mengajar anak tanpa bisa beraktivitas yang lain.Fungsi orangtua adalah fasilitator serta menjadi teman bermain dan belajar yang seru buat anak-anak.Lantas siapa guru-guru mereka?. Elan memiliki banyak sekali guru, yang paling senior adalah eyang Google , tinggal tanya apa saja pasti eyang langsung berikan banyak jawaban.
Guru matematika Elan adalah pak Khanacademy , kemudian guru bahasa inggrisnya adalah ibu kizschool  kadang datang juga guru matematika yang lain yaitu om ixl math dan guru bahasa inggris yang centil  miss razkids . Siapa guru sciencenya? teori dia dapatkan dari pak sciencekids , pakdhe steven spangler dan ibu ilma sebagai guru praktikumnya. Kemudian kalau reading Qur’an dia belajar dengan ibu Septi  dan Jari Qur'an . Komitmen Elan untuk tetap istiqomah belajar tanpa terpaksa dan terasa, mulai dia buktikan setiap hari. Siapakah yang membantu saya membuatkan worksheet untuk elan dialah mbak learningpage dan tante schoolhousetech . Gampang kan memulai homeschooling? Pasang jaringan internet dan investasikan jaringan tersebut untuk kemajuan anak-anak kita.
Bagaimana dengan kurikulum? Nah kita sebagai orangtua harus pinter-pinter meramu menu bagaikan bartender, mulai dari menunya pak puskur sampai dengan menunya ibu currclick  digabung jadikan menu special setiap hari untuk anak-anak kita.

DIARY ELAN

Elan selalu menuliskan jadwal dan pengalaman belajarnya dalam sebuah buku diary (blocknote batik sih sebenarnya cuman  dilapis kain flanel kreasi dia)  dan membuat remindernya lewat yahoocalendar , setiap hari akan muncul reminder tentang jadwal yang harus dia kerjakan via email saya, jadi saya gampang untuk mengingatkannya (maklum ibunya pelupa berat, sampai dilatih harus ngisi TTS tiap minggu ama Enes biar nggak terkena penyakit demensia hahahaha).

1 comment: