Tuesday, July 13, 2010

METODE PEMBELAJARAN DAN PROSES BELAJAR

METODE PEMBELAJARAN

Kurikulum pembelajaran Komunitas Cantrik adalah kurikulum yang didesain sendiri namun tetap mengacu kepada kurikulum nasional dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.Materi pembelajaran mengacu pada KTSP 2006, Pendekatan yang dilakukan aplikatif dan difasilitasi dari lembar kerja dan atmosfer di kelas yang tidak membosankan dan banyak
Proses pembelajaran di Komunitas Cantrik adalah menggunakan metode pendekatan yang lebih tematik, aktif dan kontekstual serta belajar mandiri melalui penekanan kepada kecakapan hidup dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Pertemuan Komunitas dilaksanakan dua kali seminggu selama 3 jam per pertemuan dalam kelas yang kecil 6-10 orang per kelas. Selebihnya anggota komunitas cantrik belajar secara mandiri di rumah , dengan orang tua sebagai fasilitator utamanya.

PROSES BELAJAR
OFF LINE
JENIS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. WEEKLY MEETING
Adalah kegiatan rutin dua kali seminggu bagi para anggota komunitas. Kegiatannya diskusi antar anggota komunitas, mempelajari mata pelajaran sesuai tema dan tingkatan level pendidikan dan membangun jaringan antar sesama komunitas. Waktunya adalah dari jam 08.00-12.00.

2. HOME VISIT
Di luar weekly meeting, anggota komunitas cantrik diharapkan mampu belajar mandiri di rumah dengan fasilitator utama orangtua. Namun untuk kondisi-kondisi tertentu para orangtua bisa mendatangkan fasilitator komunitas ke rumah dan membantu orangtua membimbing putra putrinya belajar.

Bisa juga para anggota komunitas berkelompok dan mendatangkan fasilitator komunitas ke rumah atau di tempat lain yang sudah disepakati bersama. Biaya home visit adalah Rp 50.000/TM dengan durasi pertemuan selama 1,5 jam

3. I AM EO
Adalah kegiatan yang melatih para anggota komunitas yang sudah menduduki kelas 4 SD ke atas untuk berlatih menjadi Event Organizer (EO).Mereka akan berlatih menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya edukatif ditujukan bagi sesama anggota komunitas, orangtua anggota komunitas dan masyarakat di luar komunitas.

4. WORK WITH WOW
Adalah kegiatan menarik untuk mengetahui tingkat pemahaman anggota komunitas terhadap materi pelajaran yang telah didapatkannya sesuai tema bulan itu.Kegiatan ini meliputi presentasi atau pemaparan hasil project belajar di hadapan para fasilitator baik orangtua maupun fasilitator komunitas cantrik. Dilakukan setiap bulan.

5. BOUTIQUE CLASS
Adalah program pembelajaran, yang kurikulumnya dirancang khusus antara orangtua dan fasilitator komunitas cantrik, disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap individu anggota komunitas. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi anak-anak dengan kriteria sebagai berikut:
a.Anak-anak yang memiliki talenta khusus.
c.Anak-anak special need
Diharapkan dengan mengikuti program ini anak-anak akan berkembang talentanya secara optimal, sehingga lebih bisa focus pada satu hal keahlian mereka.Karena pada dasarnya anak-anak akan bisa hidup dengan satu keahlian.

ON LINE
1. WEEKLY TELECONFERENCE
Adalah program teleconference yang dilakukan antara fasilitator komunitas cantrik dan orangtua, berisi sharing session dan diskusi perkembangan anak selama mengikuti program distance learning di komunitas cantrik. Anggota komunitas bisa menggunakan beberapa program berikut ini untuk program teleconference yaitu Skype, Webex atau ILMCI.

2. QUARTERLY MEETING
Adalah kegiatan pertemuan antara anggota komunitas on line dan off line untuk bersama-sama melakukan sharing session dan merancang kegiatan bersama. Kegiatan ini dilakukan 4 bulan sekali.

3. PROJECT TIME
Adalah kegiatan presentasi project yang dilakukan oleh masing-masing siswa dalam suatu moment khusus yang dihadiri oleh beberapa panelis, diantaranya fasilitator komunitas cantrik, orangtua dan tenaga ahli dari luar. Kegiatan ini dilakukan 4 bulan sekali.

No comments:

Post a Comment